Mutasi Genetik Pada Tillandsia

Mutasi genetik adalah terjadinya perubahan pada susunan genetik (DNA/RNA) suatu jaringan tanamn. Perubahan ini bisa terjadi pada urutan genetik dan kromosom yang nantinya akan menyebabkan terbentuknya susunan genetik baru yang merupakan variasi baru dari species. Mutasi gen ini terjadi secara tidak sengaja.

Mutasi genetik ini bisa sering muncul pada jenis tanaman tertentu (cth pd kaktus) tetapi bisa sangat jarang terjadi pada jenis tanaman tertentu (cth pd tillandsia)

Kita bahas Mutasi pada Tillandsia ya. Ada beberapa mutasi yang bisa terjadi pada tillandsia diantaranya adalah:
1.Varigata
Tillandsia varigata akan memberikan visualisasi perubahan warna kning pada daun nya, warna kuning yg dihasilkan berbeda pada daun satu dan yang lain nya, yang membuat tampilannya sangat berbeda dengan aslinya

Warna kuning tersebar di permukaan daun, daun satu & yang lain mempunyai bercak warna berbeda beda

Gbr. T.ShrimpCoctail varigata

Garis-garis kuning membuatnya berbeda dengan yg lain (T.ionantha varigata)

2.Crested
Tillandsia crested terjadi pada batang nya, dimana batang mengalami pelebaran yang tidak beraturan dan akan menyebabkan pertumbuhan daun nya yang juga tidak beraturan, membuatnya tampak aneh dan lain daripada yang lain.

Gbr. Ionantha crested

Tillandsia jenis ini sangat jarang dijumpai, dan biasanya hanya kolektor yang memilikinya, dan harganya pun relatif sangat mahal.

Mutasi ini pernah terjadi pada jenis tillandsia: ionantha, caput medusa, shrimpcoctail, xerographica, dll

Unik sekali bukan?

Silahkan mulai hoby baru anda ini, tentu saja hoby yang keren dan sangat menarik

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Anakan Tillandsia

“Pups of tillandsia” istilah pups ini sering kita dengar dikalangan Tilylovers, arti dr istilah ini adalah anakan tillandsia yg biasanya tumbuh dr tunas, sebenarnya ada juga anakan yg tumbuh dari biji, namun pertumbuhan nya lebih lambat, dan kadang orang tidak sabar menunggunya, tetapi jika rejeki lagi nomplok perbanyakan dari biji bisa mendapatkan anakan varigata (kelainan genetik yg ditandai dgn perubahan warna kuning)

Gbr. Ionantha varigata

Anakan tillandsia yang berasal dari tunas, bisa muncul di sela2 daun, bisa muncul beberapa pcs pd saat bersamaan.

Gbr. Induk ionantha yg punya beberapa tunas anakan

Jika sdh cukup besar, anakan bisa dipotek dr induk nya, dan bisa dirawat hingga tumbuh besar.
Sementara induk nya akan mulai produksi anakan kembali.

Gbr. T.EricKnobloch yg beranak pinak terus menerus

Bagaimana cara pemisahan nya?
Ada beberapa jenis (spt ionantha) yang sangat mudah memisahkan anakan nya, tetapi ada beberapa jenis (spt xerographica) yg susah memisahkan nya.

Jika kita ingin memisahkan nya, kita perlu mencari dasar/pangkal dari anakan nya, kemudian kita bisa dorong kedepan, kemudian dorong ke kanan dan kiri, berulang ulang sampai terdengan bunyi klik, itu artinya batang anakan sdh terpisah dari induk nya, step selanjutnya adalah: anda harus mengeringkan bekas luka, baik pd anakan maupun indukannya, jangan terkena air kurang lebih 3 hari, kasi waktu untuk dia menutup luka bekas potekan nya.

Gbr. T.Seleriana yg beranak, tunas anakan utk seleriana yg di foto msh terlalu kecil utk dipisah, msh tunggu beberapa bulan lg

Hal ini akan dapat dengan sangat mudah anda kerjakan apa bila tunas anakan ada di dasar/pangkal, tetapi jika anakan tumbuh di tengah tengah akan lebih sulit terutama dalam tahap mencari dasar/pangkal anakan nya.

Gbr. Anakan yg tumbuh di tengah batang spt ini agak sulit dipisah, mst tunggu anakan agak besar & mudah didapat pangkal batang anakan

Mengapa hal ini penting? Karena jika anda tidak mendapatkan pangkal anakan nya, dan anda memotek anakannya maka anda tidak akan mendapatkan anakan nya, daun anakan akan rontok berkeping keping.

Untuk jenis yang susah seperti xerographica, anda bisa pakai alat bantu berupa pisau yg runcing untuk membantu me motong batang/akar anakan nya, karena pada batang xerographica sudah keras walaupun masih baby.

Gbr. T.Xerographica remaja, msh butuh bertahun-tahun untuk berbunga & beranak

Anda harus berani untuk mencoba nya, memang ada resiko patah, tetapi menurut saya itu adalah pengalaman berharga anda, dan jika sudah bekajar pasti anda tidak akan pernah mengalaminya lagi dikemudian hari.

Bagaimana jika anda tidak memisahkan anakannya? Hal ini tidak akan masalah, beberapa anakan tily anda akan tumbuh besar bersama sama, dan nantinya akan membentuk rumpun, atau anda bisa membuat ball/bola tillandsia, tapi untuk mencapainya anda membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

Gbr. Ionantha rubra yang sudah merumpun, satu rumpun bs berisi beberapa tanaman.

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Busuk Pada Tillandsia !!

Anda gemar menyiram tanaman anda? Itu hal yang bagus, tetapi tidak bagus buat tillandsia, karena hal ini bisa memicu busuk pada tillandsia

Ada dua macam busuk : busuk kering dan basah.
Busuk kering terjadi saat sirkulasi udara buruk. busuk basah terjadi saat Tillandsia anda basah/lembab karena air

Namun, kejadian busuk kering sangat jarang terjadi, biasanya terjadi pada ekspedisi/pengiriman yang terlampau lama (lebih dari dua minggu). Busuk basah sering terjadi, terutama jika anda terlalu rajin semprot/siram. Ingat, jika frekuensi semprotan/siram anda tinggi (dengan kata lain anda tdk bisa menahan diri untuk siram) posisikan gantungan tanaman secara terbalik, namun hal ini tidak menjamin. Jika Anda bisa menahan diri untuk tidak menyemprotkan, berarti, Anda bisa menjaganya agar tidak busuk.

Gbr. Busuk kering, tdk ada bagian yg lembek & berair

Tidak ada aturan yang baku dalam menjaga tilly anda dari busuk, tidak ada cara yang salah atau benar, semua tergantung pada kondisi tempat anda (suhu,angin,cahaya).

Jika ditempatkan di luar selama musim hujan, penyiraman tambahan TIDAK diperlukan. Selama musim kering, lakukan penyiraman lebih banyak dan pastikan biarkan kering sebelum malam tiba. Namun untuk cuaca di Indonesia yang tropis, saya tidak menyarankan untuk ditempatkan diluar secara Full rain/Full sun, kalau diluar harus dalam naungan atap.

Perbedaan yang paling penting dan harus anda pahami antara tillandsia dgn tanaman lain adalah trichoma, tillandsia melakukan segala hal dengan daunnya ( tricoma )

Anda bisa menyiram tanaman lain pada malam hari dan akarnya masih bisa menyerap air. Tetapi Jika Anda menyiram tillandsia di malam hari, Anda memaksa trikoma untuk menutup sehingga membuat mereka tidak dapat bernafas.
Tilly bernafas di malam hari. Mereka membuka dan mengambil CO2 pada malam hari. Pada siang hari, mereka menutup trachoma mereka, dan mulai melakukan fotosintesis.

Jadi Tilly sangat disarankan untuk menyiraman pada siang hari. Sangat tidak disaran kan menyiram malam hari.

Gambar dibawah ini adalah T.Seleriana yg sudah mati karena busuk (daun kering, coklat, ringan, dan jika di copoti daun nya nampak coklat sampai ke batang dalamnya)

Periode pergantian musim merupakan periode krusial untuk tilly, pergeseran dari musim kering ke musim hujan. Perhatian harus dilakukan, Lindungi mereka selama periode itu dan perhatikan baik-baik. Masalah dengan periode ini adalah campuran siang hari yang sangat panas dan tiba-tiba turun hujan dimalam hari.

Bagaimana cara mengatasi pembusukan?
Saat terjadi pembusukan basah, maka terdapat air yang berlebihan ( tempat berkembang biak yang baik bagi jamur untuk tumbuh). Jika ini terjadi sangat kecil kemungkinan tily anda selamat. Namun, sebelum Anda membuangnya, lihat dahulu pembusukan yg terjadi, baik secara internal maupun eksternal.

Busuk luar bisa dilihat saat pangkal lembek dan bila tidak diatasi akan terus menyebar ke inti tanaman. Jika Anda melihat sinyal bahaya dari tilly, Anda harus mulai mengeluarkan daun luar dengan gerakan melingkar sampai Anda mencapai dasar bersih. Di situlah infeksi berhenti.

Seperti yang bisa Anda lihat dari tilly ini, pangkal tersebut telah menunjukkan pembusukan sudah terjadi.

Jadi bersihkan dgn terus memetik beberapa daun lagi (8-9) dan mencapai dasar bersih.

Tetapi jika busuk sudah parah anda tidak lagi mendapatkan bagian yg bersih, spt gbr ini

Busuk pada tillandsia bisa diatasi, asalkan pembusukan nya blm parah (<50%)

Gambar dibawah ini adalah T.Streptophylla yg pernah mengalami pembusukan, tetapi dgn treatment yg tepat ternyata bisa sembuh, bahkan sudah terlihat ada pertumbuhan anakan baru (lingkar biru:gbr anakan)

Gambar dibawah ini merupakan perbedaan antara Tily sehat (kiri) dan tily busuk (kanan)

Naah jadi perhatikanlah tempat anda menyimpan tily, perhatikan frekuensi penyiraman nya, segera treatment bila terlihat tanda pembusukan.

Jagalah dan sayangilah tillandsia anda.

Sponsor: tillandsia indonesia, tillandsia garden

Silahkan jika ada yang memerlukan tillandsia baik yg low price maupun yg jenis koleksi mahal, bisa hubungi kami melalui Whatsap 085229103161

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Trimakasih sudah membaca artikel ini, semoga bermanfaat.

Kreasi Dekorasi dgn Tillandsia

Haiii guys….

Mau berkreasi dengan tillandsia anda, tetapi binggung tdk ada ide?

Gampang kok berkreasi dengan tillandsia, karena tanaman ini tidak memerlukan media sama sekali. dan ide-ide kreatif nya banyak anda jumpai di internet.

Pada rubik kali ini kita akan kumpulkan beberapa referensi gambar dekorasi utk tillandsia, sumber gambar yang ditampilkan dari website,instagram, pinterest.

Karena tidak butuh media, tanaman ini tgl di tempel/ditaroh saja di benda kesukaan anda, anda bisa juga menggunakan lem atau kawat, maupun benang.

contoh dibawah ini menggunakan kayu sbg tempat display tily

Bisa di tempel di tatakan gelas

Di taro-taro aja di display kayu bekas aquascape

Punya frame yg tdk terpakai? Naah bisa tuuh dimanfaatkan

Mau bikin gantungan tily, nggak repot kok, tgl cari ranting sama benang, hiasi sdkt dgn bunga cemara

Punya pipa bekas, bisa jadi indah dgn menempatkan tillandsia disana

Unik nih ditempel di keran bekas, lucu jadinya

Mau berkreasi buat michele toe? Bisa jadi bagus banget dan lain dr yg lain

Punya kristal kesayangan akan lebih hidup disandingkan tillandsia

Mau bikin terarium juga menarik sekali, kombinasikan antara batu,kayu,pasir,dan tillandsia kesayangan anda

Tidak punya pekarangan luas? Buat aja mini garden

Anda pun bisa memanfaatkan kaleng bekas biskuit/roti, menjadi hasil kreasi yang keren, buatan tangan anda sendiri

Berkreasi dengan cangkang keong yuuk

Berkreasi dgn cangkang bulu babi

Biasanya dinding ditempel lukisan, tapi itu sudah biasa, kl anda tempeli tillandsia, itu baru luar biasa

Jadi hiasan gantung yg sederhana, tetapi keren

Ini juga unik & bisa dibuat sendiri

Butuh waktu lama utk punya ginian

Pakai gelas bening, trus taro dekat tivi, eee malah jadi pusat perhatian, tivi nya nganggur deh

Bikin figura utk tillandsia

Kreasi dengan kayu juga oke

Kreasi pakai batu aja menarik, apa lagi pakai yg lain

Pakai globe glass

Pakai pot plastik yg kecil, sama tambang

Tillandsia bisa jadi hiasan kulkas juga

Tillandsia bisa jadi hiasan partisi di kantor anda

Punya keramik lucu pun bisa jadi lebih menarik dengan tillandsia

Tillandsia bisa menghiasi kerang koral anda

Pembatas ruangan dengan tillandsia

Jangan lupa, lengkapi garden anda dengan tillandsia

Naah selamat ber kreasi dengan tillandsia, selamat memanfaatkan benda bekas utk jadi berguna & indah

Jika anda membutuhkan tanaman tillandsia anda bisa contac kami di instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa contac whatsap 085229103161 (untoro)

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Tillandsia Tectorum

Tillandsia Tectorum memang menjadi primadona, selain warna nya yg putih bersih tectorum juga memiliki bulu bulu yg tebal, susunan daun si putih ini tersusun rapi membentuk bola kapas, daun nya berbentuk sulur sulur yg dipenuhi dengan bulu halus, sangat lembut dan mempesona.

Tectorum termasuk kedalam jenis xeric, yang artinya suka dalam kondisi yg kering & banyak cahaya.

Jenis ini sangat “low maintenance” mereka sangat sedikit memerlukan air, jadi utk merawatnya hanya diperlukan penyiraman seminggu sekali atau bahkan 2minggu sekali, hal ini lah yg sering sekali membuat orang salah dlm merawat nya, banyak yg memperlakukan tectorum sama dgn jenis tillandsia yg lain nya sehingga frekuensi penyiraman menjadi berlebihan buat si putih ini dan berujung kematian.

Bulu Tectorum sangat tebal & lebat yang memungkinkan untuk menangkap uap air di dalam udara, namun dalam penyiraman, buluh halus ini justru membuat air banyak terperangkap di sela sela bulu, jika hal ini berlangsung dlm waktu yg lama akan memicu terjadinya pembusukan batang tectorum, naah bagaimana mengatasi hal ini? Tentu saja ada trik utk mengatasinya:
Pertama kita bisa membalik posisi tanaman (posisi terbalik) dgn tujuan supaya air yg terperangkap di sela sela buluh bisa turun & tdk mengendap di dalam.
Kedua kita bisa membantu pengeringan air sisa penyiraman dgn kipas angin, atau kita bisa menaroh ditempat yg aliran angin nya bagus.

Dengan kedua cara tersebut kita bisa mencegah terjadinya pembusukan tectorum setelah penyiraman.

Penempatan tectorum tdk disarankan “indoor” karena tectorum membutuhkan intensitas cahaya yg cukup (but no direct sun-in tropis area).

Angin / aliran udara jelas diperlukan tectorum, jika tdk ada aliran udara berarti tanaman anda paksa untuk puasa, ingat tillandsia memperoleh makanan hanya didapat dr udara yg dihisap melalui trichoma.

Masih beranggapan sulit memelihara tectorum? Tentu saja tidak kan, karena sekarang anda sudah paham & tau bagaimana merawat nya.

Jika anda pernah gagal dlm merawat tectorum, anda bisa mencobanya kembali, untuk mendapatkan tectorum anda bisa kunjungi store kami, atau instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa whatsap di 085229103161, kami akan dgn senang hati memandu merawat nya.

Bagaimana cara mendapatkan tillandsia di indonesia?
Tidak banyak yang menjual tillandsia di indonesia, oleh karena itu disini saya sampaikan juga toko online tillandsia diindonesia.
Store:

Jual tillandsia di indonesia

Anda dpt memperoleh tillandsia di online store kami “tillandsiaindonesia”, lihat koleksi kami di instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa whatsap di. 085229103161

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Ayo Gemari & Budidaya Tillandsia

Diskripsi
Tillandsia merupakan tanaman yg pertumbuhan nya tergolong lambat, itu yg menyebabkan jumlah/populasi nya tidak banyak.

Kenapa kok lambat pertumbuhannya?
Tidak seperti tanaman yg lain nya yg dgn mudah menyerap nutrisi melalui akar, tillandsia mendapatkan nutrisi melalui trichome (bulu putih pada daun) jadi nutrisi yg terserap minim, jadi pertumbuhan nya pun lambat. Walaupun begitu, cara hidup yg spt inilah yg menjadikan tillandsia unik.

Bagaimana pembiakannya?
Pembiakan nya melalui 2 cara, yaitu dgn biji & tunas. Perkembang biakan dari biji membutuhkan waktu yg sangat panjang, dari memijahkan nya sampai berukuran dewasa (siap berbunga) memerlukan waktu 5-10tahun (tgt jenisnya)
Pembiakan melalui tunas, dirasakan lebih cepat, biasanya setelah fase berbunga akan muncul tunas2 anakan, dan tunas anakan ini lbh cepat perkembangan nya, tetapi satu tanaman akan menghasilkan tunas anakan dlm jumlah yg terbatas.

Apa penting nya budidaya Tillandsia?
Jika tidak di budidayakan & digemari, maka Tillandsia akan perlahan punah. Baru baru ini (des2017) salah satu nursery tillandsia di Amerika (RFI) mengalami musibah kebakaran, hal ini menyebabkan banyaknya species tillandsia koleksi & langka mjd mati terbakar.

Apa prospek bisnis nya bagus?
Prospek bisnis nya sangat bagus, karena jaman semakin modern, jadi diperlukan taneman yg low maintenance, diperlukan juga taneman yg bersih, kenapa kok sy sebut “taneman beraih” hal ini karena kita tdk perlu media tanah utk merawat nya, bayangkan jika kita punya tanaman biasa di pot yg berisi tanah, dan waktu kita nyiram, tanah akan berserakan di lantai. Tillandsia juga tidak memerlukan space yg luas, bayangkan jika kita tinggal di apartemen, kita tdk punya halaman utk menanam tanaman, hal ini sangat memungkinkan jika kita pilih tillandsia karena tgl di gantung deket jendela apartemen kita, atau di balkoni apartemen kita.

Apakah harganya mahal?
Harga tergantung ketersediaan, sesuai dgn prinsip ekonomi, beberapa jenis tillandsia spt: ionantha rubra, andreana, cotton candy, harga nya sangat terjangkau karena jenis tsb sudah di budidayakan di indonesia, jadi jumlahnya ada banyak & relatif mudah didapat.

Apakah termasuk tanaman eksotik eksentrik?
Tentu saja iya, karena belum banyak masyarakat indonesia yg belum mengenal tillandsia, bahkan masih banyak yg takjub ketika mendengar cara hidup tanaman ini.

Bagaimana cara mendapatkan tillandsia di indonesia?
Tidak banyak yang menjual tillandsia di indonesia, oleh karena itu disini saya sampaikan juga toko online tillandsia diindonesia.
Store:
Jual tillandsia di indonesia

Anda dpt memperoleh tillandsia di online store kami “tillandsiaindonesia”, lihat koleksi kami di instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa whatsap di. 085229103161

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Tillandsia Caput Medusa

Seputar Tillandsia Caput medusa

Tillandsia Caput Medusae merupakan tanaman eksotik, karena memang bentuknya yang tidak biasa bahkan terlihat aneh, bentuk yang aneh inilah yang menjadi daya magnet untuk memilikinya.

Juga dikenal sebagai tanaman kepala Medusa karena kesamaannya (rambut ular yang tidak menentu vs daun tanaman yang tidak menentu) dengan karakter mitologi Yunani Medusa
Asal: Amerika Tengah, Meksiko, Pertumbuhan Max: Tinggi 20-25 cm

Di habitat alami mereka tumbuh di pohon (epiphyte) dengan jumlah akar yang sedikit, yang membantu tanaman menempel dan mendapatkan sinar matahari.
Sebagian besar tanaman menyerap nutrisi dan air dari udara (itulah sebabnya mereka diberi nama tanaman udara) melalui dedaunan. Bulu putih (trichomes) pada daun menyerap air dari udara lembab dan nutrisi yang terbawa udara.

Tumbuh di dalam ruangan: Di dalam rumah, tily merupakan tambahan yang bagus untuk dekorasi rumah, yang memiliki banyak cahaya terang dan kelembaban yang cukup.
Caput medusae perlu dipasang pada kayu (cabang besar), batu, gabus, di dalam dudukan tanaman atau sejenisnya yang ditempatkan horizontal, terbalik atau tegak. Pokoknya benar-benar dapat digantung dari manapun jika memiliki kondisi cahaya dan suhu yang tepat.

Jika tanaman ini memiliki kondisi dan perawatan yang benar, mudah untuk tumbuh dan harganya juga murah untuk dibeli.

Perawatan tanaman medusa
Suhu: Rata-rata suhu tinggi membantu Medusa Caput untuk berbunga, dari 18 ° – 30 ° C.

Cahaya: Kondisi terang dengan naungan sangat ideal. Beberapa sinar matahari langsung nampaknya baik-baik saja, tapi tidak sepanjang hari dan terik panas.

Penyiraman: Air dengan cara semprotan sering selama musim panas, tapi jangan biarkan bulbous menjadi basah dalam waktu yang lama (>4jam), hal ini dapat menyebabkan membusuk.

Kelembaban: Karena caput adalah tanaman udara, kondisinya lembab.

Perbanyakan: Perbanyakan dengan split offset (pups)
Supported by: Braseel

Bagi anda yg pingiiiin punya Tillandsia caput medusa bisa WA ke saya di 0852 2910 3161

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Jenis Tillandsia Xeric Mesic

Tillandsia Tipe Xeric & Mesic

Berdasarkan type nya, tillandsia dibagi dalam dua golongan yaitu: tipe Mesic dan tipe Xeric.

1. Mesic airplant ( tillandsia dengan daun lebih halus) berasal dari daerah dengan kelembaban tinggi

Iklim Mesic – Mesic tillandsia ditemukan di habitat lembab, seperti hutan tropis. Daun-daunnya memiliki tekstur halus, yang biasanya hijau, dan tumbuh jauh lebih cepat dari tipe xeric .

Penyiraman Mesic (Watering)- Membutuhkan lebih banyak air. Jenis mesic memerlukan penyiraman setiap 3-5 hari. Memerlukann perendaman dengan cara: tempatkan tanaman dalam mangkuk berisi air setiap 1 minggu selama 1-2 jam. Pastikan untuk ditiriskan sebelum menempatkan kembali dalam wadah display untuk mencegah membusuk.

Pencahayaan Mesic (lighting) – sinar matahari langsung dapat membakar dan merusakan daun. Tempatkan ditempat cerah, tidak langsung cahaya matahari.

2. Xeric Airplant ( tillandsia dengan bulu yang lebih putih /trichomes) terbiasa pada daerah yang gersang

Iklim xeric – Xeric tillandsias hidup dalam iklim panas, iklim kering seperti gurun dan memiliki yang lebih banyak trichomes, hal ini dibutuhkan untuk menyerap air yang terbatas. Mereka mudah diidentifikasi dengan tekstur kabur/kasar, tampak silvery.

Hal ini juga membantu mencerminkan sinar matahari, melindungi mereka dari paparan uv

Penyiraman Xeric (watering) – Membutuhkan penyiraman yang jarang. Xeric tillandsia memerlukan penyiraman setiap 7-10 hari. Rendam tanaman dalam mangkuk berisi air setiap 2 minggu selama 1-2 jam.

Pastikan untuk ditiriskan sebelum menempatkan kembali dalam wadah display untuk mencegah membusuk. Posisikan Tillandsia terbalik setelah perendaman/soaking. Pastikan Tillandsia kering dalam 4 jam setelah penyiraman dilakukan.

Pencahayaan Xeric (lighting) – Membutuhkan sejumlah besar cahaya. “In direct sun” atau di tempat yang cerah.

By:

Redaksi: braseel untoro

Store tillandsia:
Anda dpt memperoleh tillandsia di online store kami “tillandsiaindonesia”, lihat koleksi kami di instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa whatsap di 085229103161 & 081295504077

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Pemisahan Anakan Tillandsia

Bagaimana cara memisah anakan Tillandsia?

Jika anakan yg berasal dari tunas tilandsia yg telah berbunga cukup besar, maka dapat di lakukan pemisahan.

Beberapa prosedur yg biasa kami lakukan:

1. Pastikan Tillandsia dlm kondisi sehat, tidak sdg stress atau baru di beli dari pedagang.

Jika tillandsia memang baru beli, maka perlu penyesuaian sekitar 1 minggu agar beradaptasi dg lingkungan

2. Tunas bisa dipisahkan jika sdh mencapai paling tidak 1/3 ukuran induk

Atau paling tidak sdh memiliki 4-5 daun yg tumbuh sehat

3. Pisahkan anakan dengan menggerakan ke satu sisi sampai terdengar bunyi ‘klik’ yg berarti tunas sudah terpisah/ patah di satu sisi. Lanjutan dengan menggerakan kearah berlawanan.

4. Jika posisi cukup sulit dijangkau , diperlukan bantuan pisau kecil yg tajam dan cukup panjang

5. Pisau harus dlm kondisi bersih dan steril. Gunakan alkohol unt sterilisasi.

6. Anakan yg berhasil di pisahkan, di taruh di pot kecil dan terlindung dari matahari langsung.

Biarkan untuk beradaptasi selama 2 hari, baru kemudian bisa di siram air seperti biasa.

Semoga sukses dengan metode ini.

Redaksi: braseel untoro

Store tillandsia:
Anda dpt memperoleh tillandsia di online store kami “tillandsiaindonesia”, lihat koleksi kami di instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa whatsap di 085229103161 & 081295504077

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.

Tanaman Atraktif

Tillandsia = Tanaman Atraktif

Tillandsia merupakan tumbuhan atraktif dan menakjuban dari family Bromeliad. Berasal dari Amerika Latin, dimana banyak di temukan menempel (tanpa tanah) pada bebatuan dan pephohonan.

Air dan nutrisi didapat melalui sisik pada daun nya. Akar yang menyerupai kawat hanya di gunakan untuk menempel.

Semua Tillandsia berbunga dan kemudian menghasilkan anakan dari dasar tumbuhan. Anakan ini dapat di pisahkan atau di diamkan untuk membentuk rumpun.
Redaksi : braseel untoro
Anda dpt memperoleh tillandsia di online store kami “tillandsiaindonesia”, lihat koleksi kami di instagram @tillandsiaindonesia , atau anda bisa whatsap di 085229103161

Naah selamat mencobanya.
Jika anda membutuhkan koleksi tillandsia anda bisa folow instagram @tillandsiaindonesia, atau Whatsap 085229103161.
Atau juga lewat tokopedia & shopee dengan link dibawah ini:

https://tokopedia.link/0fVZ5FsH1db

https://shopee.co.id/brraazzeellgarden?smtt=0.0.9

kami akan sangat senang sharing tentang tillandsia.